Ads 468x60px

Featured Posts

.
















Selasa, 17 April 2012

Berpelukan Banyak Manfaatnya

Pelukan adalah bagian terpenting untuk membina kedekatan antara pasangan kekasih, orangtua maupun anak. Lalu pertanyaannya adalah seberapa sering anda memberikan pelukan sayang kepada suami, pacar, adik atau sahabat anda ? (Apakah jawaban anda sering, jarang atau malah tidak pernah). Anda perlu tahu, ternyata berpelukan bukan hanya sebagai bentuk ungkapan kasih sayang semata. Banyak manfaat positif yang didapat, ketika kita memeluk orang yang kita sayangi.

Berbagai penelitian menunjukkan pelukan bisa menyembuhkan penyakit fisik dan psikis. Bisa mengatasi stres, depresi dan lain-lain. Orang yang dipeluk, ataupun memeluk, merasakan adanya kekuatan cinta yang mengelilingi mereka. Kekuatan ini yang membuat kekebalan tubuh kita semakin meningkat.

Saat berpelukan, tubuh melepaskan oxytocin yaitu hormon yang berhubungan dengan perasaan cinta dan kedamaian, membuat jantung dan pikiran sehat. Hormon tersebut akan menekan hormon penyebab stres yang awalnya mendekam di tubuh. Nah, perasaan inilah yang akan memberi manfaat positif terhadap hubungan.

Dalam urusan cinta, pelukan mampu menciptakan ikatan di antara pria dan wanita. Lebih dari itu, bagi wanita, pelukan merupakan bentuk komitmen cinta dan kesetiaan pasangan. Pelukan bisa bermakna dalam, jika dilakukan dengan tulus. Jadi, alasan wanita menyukai pelukan adalah karena makna yang dihadirkan bisa sangat dalam.

Berpelukan Itu Sehat, Kenapa ?. Sebuah penelitian dari Brigham Young University di Salt Lake City menemukan, berpelukan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada pasangan, baik itu suami-istri atau pun kekasih. Memeluk bisa memicu produksi hormon positif, yang juga membawa efek baik bagi kesehatan tubuh. Pelukan yang disertai pijatan juga membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi.

Berpelukan Itu Dapat Menghilangkan Stres. Berdasarkan hasil penelitian yang dikeluarkan oleh jurnal Psychosomatic Medicine, pelukan hangat dapat melepaskan oxytocin, hormon yang berhubungan dengan perasaan cinta dan kedamaian. Hormon tersebut akan menekan hormon penyebab stres yang mendekam di tubuh. Penelitian lain yang dilakukan University of Miami”s Touch Research Institute juga menunjukkan, pelukan punya manfaat medis yang mengurangi rasa sakit pada kepala. Selain itu juga mengurangi stres orang yang mengalami gugup dan panik saat akan berbicara di depan umum.

Berpelukan Itu Bisa Menunjukkan atau Menyampaikan Kasih Sayang. Memeluk merupakan cara terbaik ketika kita ingin menunjukkan kasih sayang kepada orang yang kita cintai. Pelukan sendiri juga mengisyaratkan bahwa Anda memberikan perhatian dan tidak mau kehilangan orang yang anda peluk. Kedekatan fisik yang terjadi antara Anda dengan kekasih/pasangan, bisa membantu menguatkan keterikatan emosional serta meningkatkan rasa aman dan nyaman pada orang yang dicintai. Lingkarkanlah kedua tangan Anda ke tubuhnya, dan pegang pasangan anda dengan erat untuk menunjukkan rasa sayang.

Berpelukan Itu Bisa Memberi Kenyamanan. Pelukan juga bisa memberikan rasa nyaman. Dalam kondisi seseorang sedang sedih, takut, kesal atau kecewa, memeluknya bisa memberi rasa nyaman dan aman. Pasangan anda juga akan tenang dan merasa ada seseorang yang akan membantunya bangkit dari keterpurukan. Pelukan dengan pijatan kecil di lengan, bahu atau punggung mengisyaratkan Anda peduli dan seolah mengatakan, “tegarlah, semuanya akan berlalu dan baik-baik saja”.

Berpelukan Itu Bisa Memberi Kehangatan. Membuat tubuh orang merasa hangat adalah salah satu keuntungan dari berpelukan, khususnya saat berada di cuaca dingin. Dalam situasi kritis, misalnya terjebak dalam badai salju atau tersesat di hutan kala hujan, meninggikan suhu tubuh dengan berpelukan bisa menyelamatkan Anda dan orang lain dari kematian. Pelukan juga membuat orang yang sedang terkena demam atau menggigil merasa lebih nyaman karena merasakan kehangatan tubuh Anda.

Itu dia alasan kenapa berpelukan itu bermanfaat bagi kesehatan, apalagi jika dilakukan pada pasangan sobat, pasti pasangan anda akan senang. Sedikit tambahan bahwa wanita lebih suka dipeluk daripada dicium.

***Bahkan ada suatu penelitian menyebutkan “untuk bertahan hidup, kita membutuhkan 4 pelukan sehari. Untuk kesehatan, kita butuh 8 pelukan perhari. Untuk pertumbuhan, awet muda, kebahagiaan, kita perlu 12 pelukan perhari”.***

##Sedangkan, penelitian lain menyebutkan "agar tidak kehilangan kekasih yang kita cintai maka kita membutuhkan pelukan yang tak dapat di lepaskan agar kekasih yang kita cintai tidak kabur kemana - mana."##
(koplak, wkwkwkwk) just for kiding for the last paragraph..... :p


Terima Kasih telah berkunjung ke

♫February Blogger♫

Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang meninggalkan jejak pada komentar artikel. Apabila anda merasa kesulitan, silakan tinggalkan komentar juga atau klik disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar